Abaikan Temuan Inspektorat, Kadis Perpustakaan NISUT Terancam Dilapor Ke Polisi

Abaikan Temuan Inspektorat, Kadis Perpustakaan NISUT Terancam Dilapor Ke Polisi

Nias Utara, LIPUTANSUMUT.COM – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, abaikan temuan inspektorat kabupaten Nias Utara seperti tertuang dalam surat nomor 700/880 a/TL-LHP/ITKAB/2018 tanggal 11 Juli 2018 yang ditandatangani oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Nias Utara. Dalam suratnya, Inspektorat berharap agar Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Nias Utara segera melakukan langkah-langkah sebagaimana rekomendasi Bupati Nias Utara.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Nias Utara Tolanaso Gea, S.pd saat dikonfirmasi jurnalis LIPUTANSUMUT.COM pada Rabu(17/10) membenarkan hal tersebut. Dimana berdasarkan hasil investigasi tim audit, ditemukan adanya dana yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

“Ya benar? kita sudah menyurati yang bersangkutan sebagai pengguna anggaran, pada bulan april yang lalu. Di dalam surat, kita sudah menguraikan hal-hal apa saja yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kita juga menghimbau agar temuan tersebut segera dikembalikan ke kas Daerah.” Ungkapnya.

Sementara ketika dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nias Utara Sinema’aro Telaumbanua,MM oleh media ini, menolak memberikan keterangan. Ia hanya diam sambil mendengarkan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh wartawan.

Foto: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nias Utara, Sinema’aro Telaumbanua,MM

Terpisah, Politisi Partai Nasdem Daris Lahagu saat dimintai tanggapannya terkait hal tersebut, ia mengatakan bahwa budaya kepatutan dan Ketaatan dalam menjalankan ketentuan yang ada dalam sistem birokrasi pemerintahan harus di kedepankan. Sebab jika hal ini terus-menerus dipelihara, jelas berdampak negatif terhadap pucuk Pimpinan Daerah.

“Kita sangat menyayangkan ya? jika sikap seperti ini terus-menerus dipelihara di lingkup Pemerintahan yang dikendalikan oleh Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara yang sejatinya mendengungkan Slogan Perubahan. Apalagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut merupakan salah satu Dinas yang banyak menyimpan Ilmu dari berbagai aspek pengetahuan. Kalau saja Dinas ini salah urus, ilmu pengetahuan bisa kacau dan pasti berdampak luas bagi generasi yang akan datang.” Katanya kepada LIPUTANSUMUT.COM pada Rabu(17/10) di sebuah tempat di Kota Lotu.

Lebih lanjut, Daris menegaskan apabila Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nias Utara tidak mengindahkan surat itu, maka pihaknya akan membuat laporan tertulis kepada penegak hukum.

“Kita berharap, surat itu dapat segera ditindaklanjuti. Kalaupun tidak, kita terpaksa membuat laporan tertulis kepada penegak hukum”. Tegasnya. (SZ)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan