LADK Partai Politik Di NISUT, Partai GERINDRA Terbesar Rp 5 Juta

LADK Partai Politik Di NISUT, Partai GERINDRA Terbesar Rp 5 Juta

Nias Utara, LIPUTANSUMUT.COM-Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) merupakan salah satu syarat bagi Partai Politik untuk dapat mengikuti PEMILU tahun 2019. Aturan mengenai itu, disebutkan dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 338 ayat 1 untuk caleg dari partai politik. Di kabupaten Nias Utara sendiri, LADK partai politik telah diterima KPUD Nias Utara pada minggu(23/09).

 

Ketua KPUD Nias Utara Evorianus Harefa kepada LIPUTANSUMUT.COM mengatakan bahwa hingga batas akhir, ada 12 Partai yang telah menyampaikan LADK-nya. Diantara Parpol tersebut, Partai GERINDRA yang tertinggi yakni Rp 5 Juta. Daftar lengkapnya sebagai berikut:

1. PKB (Rp 300 ribu)
2. Partai Gerindra (Rp 5 Juta)
3. PDI Perjuangan (Rp 500 ribu)
4. Partai GOLKAR (Rp 100 ribu)
5. Partai NASDEM (Rp 195 ribu)
6. Partai Garuda (Rp 100 ribu)
7. DEMOKRAT (Rp 500 ribu)
8. PERINDO (Rp 200 ribu)
9. PAN (Rp 100 ribu)
10. Partai Hanura (Rp 1 Juta)
11. PKS (Rp 100 ribu)
12. PKPI (Rp 500 ribu)

Namun masih terdapat 4 Partai yang belum menyerahkan LADK, antara lain: PSI, PPP, PBB dan Partai Berkarya.

Tidak hanya Parpol, KPUD Nias Utara juga telah menerima LADK peserta Pilpres dengan besaran masing-masing yaitu: Jokowi-Amin (Rp 0) dan Prabowo-Uno (Rp 3 Juta).

Sesuai dengan tahapan, KPU Republik Indonesia akan mengawasi penerimaan dan penggunaan dana kampanye dengan tiga model Laporan, yaitu laporan dana awal kampanye, laporan sumbangan dana kampanye serta laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye. Resiko bagi peserta pemilu yang tidak patuh, tidak terakomodirnya yang bersangkutan pada saat pelantikan jika memenangkan pesta demokrasi tahun 2019 mendatang.(BL)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan